Yuk, Beralih dari Susu Kacang Kedelai ke Susu Almond. Ini Manfaatnya!

Di dunia ini ada beberapa orang yang alergi terhadap susu protein hewani. Akibatnya, ia hanya dapat mengonsumsi susu yang berasal dari protein nabati. Protein nabati sendiri hanya dapat diperoleh dari sayuran dan kacang-kacangan. Sementara itu, susu protein nabati yang familiar di tengah masyarakat yakni hanya susu yang terbuat dari kacang kedelai.

Sayangnya, tidak semua masyarakat menyukai susu kacang kedelai karena memiliki aroma dan rasa yang kurang sedap. Meski begitu, tubuh kita tetap harus tercukupi dengan protein, jika tidak, maka tubuh akan lebih mudah lapar dan lemas, metabolisme tubuh pun akan terganggu karena lemak tidak dapat dibakar dan dicerna oleh tubuh. Solusi tepat agar protein dalam tubuh tetap tercukupi ialah dengan beralih dari susu kacang kedelai ke susu yang terbuat dari almond.

Meski almond memiliki harga yang lebih tinggi dari kacang kedelai, tetapi manfaat yang dikandungnya jauh lebih banyak. Terlebih lagi, susu almond tidak memiliki “bau khas” yang menyengat, sehingga akan lebih mudah dikonsumsi.

Setidaknya, ada lima manfaat yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsi susu almond:

  1. Menjaga Otak Tetap Sehat

    Kamu pasti pernah dengar jika kacang-kacangan sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan otak. Ternyata, hal itu benar adanya. Susu almond memiliki kandungan zinc yang membantu pertumbuhan sel dan meningkatkan memori. Zat zinc ini sangat bagus untuk perkembangan sel otak anak.

  2. Melawan Penuaan

    Karena susu almond dapat membantu pertumbuhal sel, maka regenerasi sel kulit juga akan semakin cepat. Sel-sel kulit mati akan cepat terangkat dan sel-sel kulit baru akan muncul. Hal ini akan membuat kulit kita tetap sehat dan muda.

  3. Mencegah Diabetes

    Saat ini, banyak sekali makanan berbahan karbohidrat dan mengandung gula berlebih, sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah. Padahal, kadar gula tinggi di dalam darah dapat menyebabkan diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Coba ganti cemilanmu dengan makanan atau minuman mengandung almond, karena almond dapat menekan kadar gula dalam darah dan meningkatkan insulin sehingga mengurangi risiko diabetes.

  4. Mencegah Obesitas dan Menurunkan Berat Badan

    Almond kaya akan serat dan rendah lemak, sangat baik digunakan untuk mengganti cemilan kita sehari-hari yang biasanya kurang sehat. Almond dengan berat 28 gram, mengandung serat sebanyak 3,5 gram, hal ini dapat membuat kita lebih cepat kenyang dan menekan rasa lapar. Kadar lemak yang rendah akan mencegah terjadinya obesitas.

  5. Meningkatkan Kolesterol HDL
    Kolesterol adalah zat lemak yang melindungi sistem saraf dan membentuk jaringan serta sel dalam tubuh. Kolesterol sebenarnya dalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk dinding sel dan vitamin D. Akan tetapi, jika kadar kolesterol dalam darah tinggi, itu akan menimbukan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Penyakit yang dapat muncul yakni stroke, jantung dan masalag ginjal.

    Kolesterol terbagi menjadi dua, yakni low-density lipoprotein (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat dan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Jumlah kolesterol dapat berubah-ubah karena dipengaruhi dari faktor luar, yakni dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

    Jika susu protein hewani mengandung beberapa kolesterol jahat, maka susu protein nabati jauh lebih sehat karena mengandung rendah kolesterol. Susu almond adalah pilihan yang paling sehat karena almond bebas dari kolesterol jahat.